Blog yang berisi cerita , inspirasi, dan pelajaran tentang dunia bisnis

Saturday, March 24, 2018

3 Cara Jitu Untuk Meningkatkan Penjualan (Omzet) Produk Dalam Sebuah Bisnis


     


     Anda harus fokus pada para pelanggan karena mereka adalah elemen paling penting dalam bisnis Anda. Pada dasarnya, hanya ada tiga cara untuk meningkatkan penjualan Anda. Cara-cara itu adalah:

1. Dapatkan pelanggan lebih banyak lagi

     Rata-rata bisnis kehilangan 20 persen dari para pelanggan mereka setiap tahun karena ada yang meninggal, beberapa pindah, dan yang lainnya beralih ke pesaing. Agar dapat menjaga sejumlah bisnis yang sama, Anda harus mengganti 20 persen basis pelanggan Anda setiap tahun.

     Apa yang dapat Anda lakukan untuk menarik para pelanggan baru? Berikut ini beberapa ide yang ingin Anda coba:
  • Selenggarakan kontes atau undian berhadiah. Dari kegiatan itu Anda juga akan memperoleh nama dan alamat email orang orang untuk Anda kirimi direct mail nantinya.
  • Tawarkan penghargaan istimewa kepada pembelanja pertama kalinya. “Anda mendapatkan tiga edisi pertama majalah kami gratis. Kami merasa yakin bahwa Anda akan cukup menikmatinya sehingga Anda mau berlangganan…”
Bisnis yang mempunyai para pelanggan yang datang secara teratur akan sering menjalankan program yang cocok untuk pendatang baru di kota dengan sangat baik. Tipe bisnis ini meliputi supermarket, jasa pencucian, penjual pizza dan restoran lain, salon kecantikan, dll. Begitu para pelanggan membuat pola kunjungan bisnis, mereka menjadi pelanggan berharga yang datang berulang kali.

2. Buatlah Para Pelanggan Lebih Sering Datang ke Tempat Bisnis Anda

     Saat para pelanggan mengunjungi toko Anda dua kali lebih sering daripada biasanya, Anda tentunya akan melakukan lebih banyak bisnis. Kadang-kadang kunjungan tambahan tersebut hanyalah untuk window shopping (melihat-lihat), tapi lain waktu dia akan melakukan pembelian saat dia berada disana.

Ada banyak cara untuk membuat para pelanggan lebih sering mengunjungi Anda.Berikut ini beberapa ide:
  • Kedai kopi atau kedai bersantai dapat memberi pelanggan kupon gratis kopi satu gelas setiap pembelian 12 gelas.
  • Anda dapat mengiklankan kontes yang Anda daftarkan hanya di dalam toko.
  • Tawarkan harga special untuk suatu barang, tapi batasi seberapa banyak seorang pelanggan dapat membeli sekali waktu.
  • Buatlah pengumuman di laporan bulanan Anda tentang promosi special, atau jam belanja diperpanjang di hari libur.
  • Pikirkan untuk mengembangkan kesetiaan pelanggan “KIT”. KIT berarti “Keep In Touch” (Tetap Berhubungan). KIT berjalan karena para pelanggan INGIN mendengar dari Anda. Mereka berbelanja pada Anda. Mereka mengeluarkan uang mereka untuk Anda. Mereka percaya Anda.
Temukan alasan para pelanggan mengunjungi toko Anda dan berbelanja pada Anda lebih sering.

3. Buat para pelanggan Anda membelanjakan lebih banyak uang ketika mereka datang.

     Jika para pelanggan mengeluarkan uang lebih banyak setiap kali mereka berkunjung, itu berarti Anda akan melakukan lebih banyak bisnis. Itulah apa yang disebut sebagai merchandising - memamerkan produk Anda dengan cara yang menarik dan mudah diraih sehingga para pelanggan tergoda untuk membeli lebih saat mereka melihat produk-produk yang dipajang. Supermarket dan perusahaan barang-konsumen dalam kemasan adalah ahlinya untuk teknik ini.

     Survei terbaru menyatakan bahwa 60 persen orang yang berbelanja di supermarket membuat keputusan membeli mereka di supermarket. Mereka tertarik pada pameran di ujung gang atau dinding yang dipenuhi contoh produk baru atau yang spesial. Impulse purchase (pembelian tanpa rencana) mendatangkan keuntungan besar.

     Pajangan, sampel, bulk buy (pembelian borongan/dalam jumlah besar) adalah cara-cara yang dilakukan supermarket untuk menciptakan pembelian tambahan. Bisnis Anda dapat menggunakan ide yang sama untuk meningkatkan tingkat pembelian di pihak pelanggan Anda.

Share:

0 comments:

Post a Comment

studybussiness.blogspot.com

Search This Blog

Blog Archive

Apakah Buzz Marketing Itu?